akademi analis kesehatan jambi

LAPORAN PENDIDIKAN

Direktur-AAK

KEPALA AKADEMI ANALIS KESEHATAN PROVINSI JAMBI

Pada

RAPAT SENAT TERBUKA WISUDA, PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH

LULUSAN TAHUN 2012

AAK Provinsi Jambi UPTD terdepan mewujudkan prioritas pembangunan bidang pendidikan menuju

Jambi Emas 2015”

Gedung Olah Seni Kota Baru Jambi, Kamis 29 Nopember  2012

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat pagi

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang Kami hormati dan kami muliakan :

Bapak Gubernur Jambi beserta Ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Jambi;

Yth. Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi;

Yth. Wali Kota Jambi beserta Ibu;

Yth. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi;

Yth. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi;

Yth. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hari;

Yth. Para Kepala SKPD Pemerintah Propinsi Jambi dan SKPD Kota Jambi;

Yth. Para Kepala Biro dilingkungan Setda Provinsi Jambi;

Yth. Para Pimpinan Sekolah Tinggi Kesehatan;

Yth. Para Direktur Poltekes Kemenkes dan Akademi Kesehatan se-Kota Jambi;

Yth. Senat Akademik AAK Pemerintah Provinsi Jambi;

Yth. Sesepuh, pemerhati dan penggagas pendidikan serta tamu kehormatan;

Yth. Para Orang Tua Wisudawan/i;

Yang Kami Banggakan, Wisudawan/i;

Mahasiswa/i yang kami sayangi serta hadirin sekalian.

Selamat datang pada acara Rapat Senat Terbuka, dalam rangka Wisuda, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Lulusan AAK Provinsi Jambi Tahun Akademik 2011/2012.

Alhamdulillah, ……  Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan nikmat kesehatan dan kebahagiaan kepada kita, sehingga hari ini Kamis 29 Nopember 2012, kita dapat berkumpul di gedung ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur Jambi, Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, Ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Jambi, Jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, tamu kehormatan dan hadirin sekalian yang berkenan memenuhi undangan kami.

Bapak Gubernur Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian, 

Insya-Allah sebentar lagi akan kita saksikan wisuda, pelantikan dan pengambilan sumpah lulusan AAK Provinsi Jambi tahun akademik 2011/2012, yang akan diikuti 90 orang lulusan dari program reguler.  Selama 10 tahun kiprah AAK Provinsi Jambi telah meluluskan 539 orang ahlimadya analis kesehatan, lebih dari 90% lulusan tersebut terserap dalam pasar kerja, sebagian besar dalam provinsi Jambi pada instalasi milik pemerintah; pemerintah daerah dan laboratorium swasta. Selebihnya melanjutkan pendidikan kejenjang sarjana, Sepa-PK atau bekerja disektor non-kesehatan.

Keberhasilan yang kami paparkan ini pada ahirnya akan terasa sempurna apa bila lulusan yang dihasilkan mendapat pengakuan dan kepercayaan luas dari masyarakat, saat ini AAK masih mendidik 336 orang program reguler terdiri dari 123 tingkat I; 112 orang tingkat II dan 101 orang III masing-masing.

Bapak Gubernur Jambi, Pimpinan Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian, 

  1. Rekrut peserta didik baru di AAK Provinsi Jambi melalui Sipenmaru Diknakes kelompok DAS; TNI dan Polri mengacu kepada Pedoman Sipenmaru Pudiknakes Badan PPSDM Kemenkes, diselenggaraankan secara konvensional dengan metode ujian tertulis masal, calon yang dinyakan lulus uji tulis wajib mengikuti uji kesehatan fisik sebagai penentu calon yang berhak menjadi mahasiswa baru. Selain itu calon juga dipersyatakan mejalani pemeriksaan darah rutin dan napza untuk mengetahui rekam jejak dan riwayat kesehatan peserta didik baru AAK Provinsi Jambi. Calon peserta seleksi adalah lulusan SMU/SMA; MA jurusan IPA/IPS dan SMK Kesehatan dengan jumlah peminat menunjukkan peningkatan dalam lima tahun terakhir, jumlah peminat tahun ini 245 orang untuk memperebutkan 123 tempat yang tersedia.
  2. Formulasi penerimaan mahasiswa baru AAK Provinsi Jambi adalah 40 % dari calon dengan kemampuan akademik terbaik peserta Sipenmaru hasil uji tulis, 5 % kuota calon luar provinsi, 5 % kuota calon dari keluarga tidak mampu, 50 % sisa adalah kuota calon  untuk 11 kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. Formulasi jumlah mahasiswa baru dari kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi berbanding lurus dengan jumlah peminat yang mendaftar dan tren jumlah formasi CPNS yang disediakan oleh BKD Kabupaten bersangkutan tahun sebelumnya.

Bapak Gubernur Jambi, Ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian,  

  1. Berkaitan dengan sistem manajemen akademik, AAK senantiasa berusaha meyesuaikan diri dengan regulasi ditingkat nasional, terbuka akan perkembangan zaman, kebutuhan lokal, perkembangan dan kebutuhan pasar tenaga kerja bidang kesehatan. Keterbukaan dalam manajemen akademik terlihat dari kurikulum disamping mata kuliah wajib nasional, mata kuliah wajib profesi juga terdapat 2 mata kuliah muatan lokal. Muatan lokal yang dikembangkan di AAK berupa 8 SKS mata kuliah Teknologi Tanspusi Darah yang penyelenggaraannya bermitra dengan UTD PMI Cab. Jambi, diharapkan lulusan AAK disamping sebagai tenaga analis kesehatan juga dapat bersaing mengisi formasi SDM pada Unit Transpusi Darah (UTD) dan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS). Sebagai upaya memupuk jiwa interprenuershif mulai TA. 2012/2013 kami juga mengembangkan kurikulum dengan menambahkan mata kuliah wirausaha untuk menginspirasi calon lulusan yang berminat mengembangkan diri sebagai wirausaha.

Bapak Gubernur Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian, 

  1. Dalam kesempatan ini kami laporkan bahwa penyempurnaan sistem manajemen perencanaan, keuangan, pemantauan dan evaluasi, penjaminan mutu pendidikan terus dilakukan. Kebijakan ini merupakan langkah sistematik untuk membentuk landasan operasional yang kokoh sebagai proses peningkatan kualitas secara berkesinambungan menuju operational excellence. Modernisasi sistem dan fasilitas perkantoran serta didukung staf yang cakap, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi proses administrasi akademik dan pendukung pendidikan.
  2. Berdasarkan Peraturan Gubernur No 21 Tahun 2010 tanggal 27 Juli 2010, kelembagaan AAK Provinsi Jambi menjadi salah satu UPTD Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Kelembagaan ini nantinya akan disesuaikan dengan keputusan Menteri Dalam Negeri yang saat ini masih dalam proses di Kementerian PAN & RB sebagaimana amanat SKB Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri tanggal 23 Desember 2010, yang akan menjadi dasar penyelarasan kelembagaan dan struktur organisasi.
  1. Sebagaimana kita maklumi, untuk menyelesaikan persoalan status Akademi Kesehatan yang diselenggarakan Pemerintah Daerah termasuk AAK agar memenuhi ketentuan perundang-undangan Pemerintah Pusat telah mengambil kebijakan strategis, dibawah koordinasi Menteri Koordinator Kesra telah ditandatangani Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 23 Desember 2010. Kebijakan strategis  ini dilakukan guna mendukung pencapaian MDGs bidang kesehatan, yang memerlukan ketersediaan tenaga dalam pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan kesehatan serta pendidikan adalah salah satu pelayanan wajib dan mendasar oleh pemerintah kepada masyarakat.

Bapak Gubernur Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian,

        1. Pada kesempatan ini izinkan kami mengingatkan kita semua, ditataran regional telah disepakati ASEAN Community 2015, bila kita hitung tinggal dalam hitungan hari. Pilar ketiganya adalah ASEAN Sicio-Cultural Community meliputi bidang ilmu pengetahuan, kebudayaan, teknologi, lingkungan, kesehatan dan bidang-bidang social lainnya. Konstruksi awalnya adalah memperbaiki kerjasama Negara-negara ASEAN untuk membangun kehidupan yang lebih baik untuk membangun peradaban dinegara masing-masing. Namun menurut hemat kami bila bangsa kita tidak siap dari sisi kualitas SDM boleh jadi keaadaan ini justeru akan berdampak negative bagi kelangsung dan eksistensi bangsa kita. Efek ASEAN Community atau komunitas ASEAN ini secara sadar atau tidak telah kita rasakan, saat ini arus barang, orang dan jasa tidak lagi dapat diproteksi oleh Negara secara ketat sebagaimana mestinya. Bidang pendidikan dan kesehatan merupakan sector yang sangat cepat tergerus, saat ini dikota-kota besar Indonesia telah berdiri cabang-cabang perguruan tinggi dan rumah sakit asing yang menawarkan pelayanan pendidikan dan pelayanan kesehatan dengan mutu layanan prima dan didukung teknologi tinggi. Keadaan ini harus kita sikapi dan kita antisifasi, agar  bangsa ini tidak menjadi objek dalam era tersebut, salah satunya dengan meningkatkan mutu dan strata pendidikan agar mampu bersaing di-era tersebut.
  1. Untuk itu dalam tahun 2012 pemerintah pusat (Kemenkes dan Kemendikbud) telah mengimplementasikan dua dari tiga amanat diktum kesatu SKB tersebut, yaitu :
    1. Maret 2012 akreditasi AAK Provinsi Jambi oleh Pusdiknakes diakui oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan, saat ini AAK Provinsi Jambi telah diakreditasi dengan strata B.
    2. Kebahagian tersebut terasa lengkap dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 345/E/O/2012 tanggal 10 Oktober 2012 tentang Alih Bina Program Studi pada Akademi yang Diselenggarakan Oleh Pemerintah Daerah Dari Kementerian Kesehsatan Kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan SK Alih Bina tersebut Akademi Kesehatan milik Pemerintah Daerah diseluruh Indonesia termasuk AAK terasa sangat istimewa karena menjadi perguruan tinggi yang dikelola oleh tiga Kementerian dan Pemerintah Daerah masing-masing.

Bapak Gubernur Jambi,

  1. Dengan terbitnya SK Alih Bina, seluruh Akademi milik Pemerintah Daerah termasuk AAK Provinsi Jambi keberadaannya menjadi istimewa dibanding perguruan tinggi lainnya. Eksistensi AAK istimewa karena dikelola oleh tiga kementerian, Kemendikbud bertanggungjawab memberi izin program studi dan menyelenggarakan pembinaan akademik, Kemenkes bertanggungjawab melakukan pembinaan teknis, Kemendagri bersama Kemen PAN&RB bertanggungjawab mengatur kelembagaan dan organisasi, Pemda sebagai pemilik bertanggung jawab atas pembiayaan, penyediaan SDM Pendidik dan kependidikan, sarana prasarana.
  2. Konsekwensi logis SK Alih Bina tersebut mewajibkan Akademi Kesehatan milik pemerintah daerah termasuk AAK untuk menyesuaikan diri dengan peraturan dan perundang-undangan yang berkenaan dengan Pendidikan Tinggi selambat-lambatnya dalam waktu 2 Tahun. Diktum keenam keputusan tersebut menetapkan, bila AAK gagal memenuhi ketentuan keputusan tersebut maka akan mendapat sangsi berupa teguran tertulis sampai dengan pencabutan izin alias dibubarkan. Untuk itu secara khusus melalui Bapak Gubernur, seluruh civitas akademika AAK Provinsi Jambi mohon dukungan berupa fasilitasi, bimbingan dari seluruh jajaran Sekretariat Pemerintah Provinsi Jambi, SKPD terkait dan stakeholder lainya, agar eksistensi AAK Provinsi Jambi dapat terus dipertahankan.

Bapak Gubernur Jambi, undangan kehormatan dan Para orang tua wisudawan yang berbahagia serta hadirin sekalian, 

  • AAK Provinsi Jambi menjadi UPTD pada Dinas Kesehatan Provinsi Jambi berdasarkan peraturan perundang-undangan telah ditetapkan sebagai unit teknis yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) secara penuh dengan Keputusan Gubernur Jambi No.594/Kep.Gub/Dinkes/2011. Dengan status BLUD secara penuh AAK diberikan fleksibelitas dalam hal pengelolaan keuangan yang merupakan pengecualian dari pengelolaan keuangan SKPD/unit kerja pada umumnya.
  • Dengan fleksibelitas pengelolaan keuangan tersebut mulai tahun anggaran 2012, seluruh pendapatan BLUD AAK ditampung dalam rekening kas BLUD dan digunakan langsung untuk membiayai operasional BLUD. Pendapatan tersebut hanya dilaporkan sebagai pendapatan Pemerintah Provinsi Jambi dan dicatat sebagai lain-lain penerimaan daerah yang sah dari penerimaan BLUD.
  1. Kondisi ini memungkinkan AAK untuk mengeliminir hambatan dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan kepada mahasiswa, manfaat ikutan lainnya dengan status AAK sebagai BLUD secara penuh beban biaya pendidikan yang ditanggung mahasiswa secara berkala disesuaikan dan terjadi penurunan besaran biaya yang harus ditanggung mahasiswa AAK dalam tiga semester terakhir. Sehingga pada tahun 2015 diharapkan  mahasiswa hanya menanggung 35% biaya operasional pendidikan di AAK akan tercapai sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur No. 44 Tahun 2011 tentang standar pelayanan minimum.

Bapak Gubernur Jambi, dan Kepada Dinas Kesehatan

  1. Kami mohon maaf yang sebesar besarnya bila dalam melaksanakan tugas sehari-hari terkadang kami melampaui batas-batas etika birokrasi. Insya-Allah dalam hal ini tidak ada niatan lain kecuali dilandasi kebutuhan dan keinginan agar tercipta percepatan, efisiensi dan efektifitas untuk meletakkan fondasi yang kokoh sebagai petunjuk arah pelaksanaan tugas pokok AAK Provinsi Jambi sebagai pelaksana pelayananan pendidikan serta pengembangannya. Pada saat ini telah telah ditetapkan Peraturan Gubernur No. 43 Tahun 2011 tentang Pola Tata Kelola dan Peraturan Gubernur No. 44 Tahun 2011 tentang SPM, dan dilakukan penyusunan beberapa pedoman kebijakan dalam format rancangan atau draff peraturan gubernur. Peraturan Gubernur dan draf yang telah disusun tersebut menjadi salah satu parameter wujud nyata peran Pemerintah Provinsi Jambi sebagai regulator dalam upaya melaksanakan cita-cita kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga Bapak Gubernur berkenan menetapkan Peraturan Gubernur tentang Pola Pengelolaan Keuangan BLUD AAK yang drafnya telah kami sampaikan Mei 2012. Peraturan Gubernur tersebut sangat penting dan mendesak untuk ditetapkan sebagaimana amanat PP No. 23 Tahun 2005 dan Permendagri No.61 Tahun 2007, yang akan menjadi pedoman AAK dalam Pengelolaan BLUD AAK.
  1. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami ingin mengambil kesempatan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Gubernur, yang telah menunjukkan kepedulian yang tinggi atas keberadaan dan kemajuan AAK Provinsi Jambi. Kami senantiasa berharap kebijakan bapak Gubernur tersebut tidak surut bahkan terus meningkat dimasa yang akan datang. Dukungan tersebut akan kami jadikan amunisi dan pemicu semangat, mengambil bagian dalam pembangunan Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dan menjadikan AAK sebagai UPTD terdepan mewujudkan prioritas pembangunan bidang pendidikan menuju Jambi yang Ekonomi Maju, Adil dan Sejahtera Tahun 2015.

Bapak Gubernur dan Hadirin sekalian,

  1. Dalam kaitan lulusan yang semakin berkualitas, memahami karakteristik pasar kerja menjadi sangat penting, dan kami harus secara cepat dan cerdas merespon perubahan lingkungan dan masyarakat. Secara proaktif kami telah membangun jejaring dengan organisasi profesi maupun, dunia usaha serta beberapa SKPD Kabupaten/Kota dalam upaya pemberdayaan lulusan. Civitas akademika AAK Provinsi Jambi secara terorganisir akan terus berupaya meningkatkan kompetensi lulusan dan perluasan jaringan kemitraan, saat ini bersama mitra swasta, AAK telah memiliki satu unit Laboratorium klinik yang menawarkan opsi pilihan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan kepada masyarakat. Insya-Allah Desember 2012 AAK akan mendirikan 2 unit labor klinik di Kabupaten Muaro Bungo dengan pola Kerja sama operasional (KSO), sebagai langkah awal mewujudkan rencana pendirian labor klinik AAK di 5 kabupaten pada tahun 2015. Diharapkan institusi ini dapat menyandang predikat sebagai social entrepreneurial academy yang bermartabat. Kami percaya bahwa tidak ada satu pun institusi pendidikan di dunia, yang dapat meraih predikat world class university, kecuali sebelumnya telah menjadi agen perubahan yang efektif di masyarakat tempat ia tumbuh dan berkembang.

Para Orangtua dan Wisudawan/i sekalian, 

  1. Kepada seluruh orang tua wisudawan/i, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan kepada kami untuk mendidik dan membimbing puta/putri bapak/Ibu sekalian. Kami juga mohon maaf bila harapan bapak/ibu yang tinggi terhadap kami dalam membimbing, mendidik dan mengasuh putra-putrinya, mungkin saja ada yang terabaikan selama 3 tahun amanah itu kami pikul. Kami telah berusaha maksimal melaksanakan amanah bapak/ibu dan insya-Allah sebentar lagi kami tunaikan amanah yang kami terima dari bapak/ibu dengan wisuda, pelantikan dan pengambilan sumpah putra/putri bapak/ibu sebagai lulusan AAK.
  2. Wisudawan/i sekalian, selamat berkarya jadilah pelopor pembaharuan dengan standar skill terbaik ditengah masyarakat, junjung tinggi prilaku mulia dan etika profesi. Jadilah bagian terdepan dalam membantu sejawat profesi kesehatan lainnya untuk mendukung upaya kesehatan dasar dan rujukan bagi terciptanya kesehatan bangsa yang optimal.

Bapak Gubernur, Undangan kehormatan serta hadirin sekalian, 

  1. Kepada berbagai pihak Pemerintah; Pemerintah Provinsi Jambi; Pemerintah kab/kota; RSUD  dan Swasta; Labkes Pemda; Labkesmapet Disnak Prov Jambi; Laboratorium BLHD Pemda; PDAM Tirta Mayang;; UTD PMI Cab Jambi; Laboratorium klinik swasta dan dunia usaha yang telah bermitra dengan kami dalam membekali mahasiswa dengan hard skill  dan memberi kesempatan kepada kami dalam program pengabdian kepada masyarakat, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi tingginya atas segala masukan, saran dan bantuannya selama ini. Semoga kerjasama kita dapat terus berlangsung dengan baik dan membawa manfaat bagi kita semua.
  2. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan pada kita semua rasa kepedulian, kebersamaan, saling percaya satu dengan yang lain, kesabaran, kekuatan, dan determinasi dalam upaya membantu masyarakat Jambi menjadi masyarakat yang Ekonomi Maju, Adil dan Sejahtera Tahun 2015.

Mohon maaf atas segala kekurangan, segala kesalahan dan segala kehilafan.

Wabillahi taufik wal hidayah.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

KEPALA AKADEMI ANALIS KESEHATAN

PROVINSI JAMBI

 

Drs. Sabarudin , M.Sc.

NIP.19660812 199803 1 002